Tips ternak kenari bagi pemula

Disini Saya mencoba membahas mengenai ternak kenari dari awal penjodohan sampai pembesaran anak kenari dengan sangat gambang dan sangat mendasar. Mungkin bagi senior-senior akan menjenuhkan tetapi saya piker akan sangat bermanfaat bagi pemula.
klik disini kalo mo liat iklan dpt duit

Dalam beternak kenari ada beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak.

Usia Kenari

Usia menjadi factor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.

Jenis kelamin

Anda sebagai peternak harus menguasai ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya. Adapun ciriny

Sarana Penunjang dalam beternak.

Kadang-kadang kita dalam beternak tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil seperti posisi kandang ternak, lingkungan kandang ternak dan saran penunjangnya. Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan akan mengakibatkan kekesalan di kemudian hari. Contohnya pada saat penempatan kandang ternak kita tidak memperhatikan feng shui (he..he.. maaf becanda) lingkungan di sekitar kandang ternak. Penempatan yang terbaik yaitu sangkar atau kandang ternak menempel ke dinding disamping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dll.

Untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika kandang ternak besar menggunakan kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yaitu tikus, tikus sebetulnya hanya mengambil makanan kenari hanya kalau melihat kenari lengah ya di hajar juga dan kejadian ini sering sekali dialami oleh hobis. Dengan penempatan sangkar di dinding diharapkan bisa meminimalkan serangan tikus hanya kadang-kadang tikus juga pintar mencari celah untuk itu anda harus hati-hati dalam penempatan kandang yang terbaik sich menggunakan kandang aluminium. Saya punya pengalaman mengenai kandang ternak yang diserang semut …….. beruntung cepat ketahuan sehingga induknya masih tertolong tetapi anaknya sebagian besar mati dan selanjutnya mati semua karena induknya menjadi over protective (mengenai sifat over protective akan saya bahas di waktu yang lain).
klik disini kalo mo liat iklan dpt duit

Proses penjodohan.

Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari dengan usia siap ternak proses selanjutkan yaitu proses penjodohan. Proses penjodohan yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak new comer (peternak pemula) yang tidak sabar menjalani proses penjodohan mereka langsung masukin jantan dan betina kedalam satu kandang.

Dengan adanya proses penjodohan anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut, jika belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari tersebut bisa berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya. Ada beberapa tip untuk meningkatkan birahi yaitu :

1. Kenari di beri makanan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh, multivitamin dll.
2. Dijemur setiap pagi
3. Pada saat menjemur dan proses penjodohan sangkar jantan dan betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin dengan menggunakan jantan lain.
4. Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya.
5. Jangan lupa berdo’a agar kenari yang diternak bisa cepat jodoh dan menghasilkan anak yang berkualitas.

Proses Ternak.

Proses selanjutnya yaitu menyatukan kedua kenari tersebut. Adapun cirri-ciri kenari siap ternak (sudah jodoh) yaitu :

1. pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.
2. Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
3. Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
4. Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.
klik disini kalo mo liat iklan dpt duit

Dalam menyatukan kedua kenari tidak ada aturan waktu yang baku anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya pengalaman saya waktu yang terbaik yaitu sore hari. Dengan menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sehingga pagi harinya sudah jodoh. Karena sudah mengalami masa penjodohan maka pada saat penyatuan tidak terlalu riskan berantem tetapi kita harus terus memantau karena takutnya terjadi berantem.

Setelah keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan di dasar sangkar biasanya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus pengalaman saya kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya. Demikian dulu tulisan mengenai proses penjodohan takutnya terlalu kepanjangan……nanti saya lanjutkan dilain waktu………….

kalo ini kenari jawaraku

About these ads

48 responses to “Tips ternak kenari bagi pemula

  1. Mas adjie irawady,kalo ternak water slighter sama ga?pasalnya kalo water slighter terlalu giras.
    mohon jawabanya lewat email.

  2. MAS KALO BUAT USAHA KIRA KIRA BISA MEMENUHI UNTUK KELUARGA GA.KADANG SAYA PINGIN USAHA TERNAK KICAUAN,TAPI RAGU TAKUTNYA TIDAK BISA UNTUK NGEBULIN DAPUR.

  3. mas kalo betina kenari bertelor tipis dan akirnya sama induknya dimakan, apakah betina itu akan bertelor tipis teru? trims.

  4. permisi mas sy mw tanya kalo kenari sedang mengeram blh mendengarkan pejantan yg sdang bunyi ga,maklum rumah sy kecil jd ga ada tempat lg untuk menaruh kenari2 yg belum sy kawinin.trima kasih atas pencerahannya

  5. salam kenal bang,

    Maaf mo tanya bang..klo ciri anak kenari merah seperti ap ?, apakah saat netes sdh warna-nya merah atau tidak ?, bisa muncul warna merah di usia berapa bulan ?, Mohon info-nya bang.

    Tks,

    Uje

  6. mas ada kenari yg mau d jual gx??..klu ada saya minta sepasang… saya juga mau coba beternak kenari,

  7. Mohon info untuk luas ruangan membutuhkan ukuran berapa x berapa dan bisa diisi berapa kandang kenari dengan ukuran berapa x berapa yang ada dalam gambar tersebut terima kasih jawabannya tolong di jawab lewat email saja.

  8. mas mau tanya nih,,,saya ternak kenari cuman pake kandang gantung,terus pas telurnya mnetas,mati semua anaknya..

    mau tanya m’alum peternak baru,,

  9. kenari sy bertelurnya sembarang,…jadi pecah deh,sdh 2 tlur,apakah pejantanya di pisah aja yaaa,..sebab keduanya ngga pernah ngerem di tempatnya,…trims yaa ilmunya ,….semoga mendapat balasan dari yg kuasa aminnn

    • itu bisa disebabkan karna indukan gelisah,jadi tempat naruh kandang harus benar-benar diperhatikan apakah ada lalu lalang orang apa ngga,atou mungkin sering ada tikus di sekitar situ.

  10. Om berapa harga kenarinya bisa beli partai ga untuk di jual lagi. ini no. telp saya 99080038.

    Thanks berat om.
    Doel latif

  11. Kenari jantan saya berkicau terus sambil menabrak2 sangkar jika sangkar si betina didekatkan. si betna juga sering menggelepar2 kan sayap dan mngeluarkan suara berisik.namun, setelah saya satukan..justeru si jantan yg dikejar2 betina.gmn cara kawinnya klo bgitu…thanks atas jawabannya

  12. klo ada yg ternak di daerah bogor minta kopirmasi’a pengen ikut2an blajar ternak tp skalian mao bli bhan buat trnak klo ada yg full merah 1jodo klo ada minta d konfir masi ke nmr 085810400038 saya mao bli

  13. Ping-balik: Tips ternak kenari bagi pemula « Fabian Poultry Shop

  14. biji untuk kenari yg br pisah dr indukan pake yg biji apa pakde?trus yg ankan br dipisah perlu dikasih telur puyuh&ayur ga?tq

  15. kira kira berapa banding berapa klo mwu ternak kenari,seumpamanya indukan betina ada sepuluh maka indukan jantannya harus ada berapa

  16. jika betina sudah bertelur dan bereproduksi dengan hasil yg bagus,kapan ia akan bisa bereproduksi lagi ?( dikawinkan kembali ) tks.

  17. mas minta sarnya,saya punya 3 indkn yg 1 brtelr 2 mntas 2 hri mti indkan no 2 brtlur 4 dmkan tiks indkan no 3 brtlur 2 tpi ndak mntas.sekrng prmsalahnya indkan tak jadi’in 1 kok lma lma blum nlur ya pdhal lo tdur dah brdua’an lo mkan kdang dsuapin.trim ats sranya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s